Tips dan Tricks

kertas-recycled.gifTips Membuat Kertas Daur Ulang

Silakan Klik Link Ini Untuk Membuat Kertas Daur Ulang Berikut Gambar

Picture Taken From http://www.pikiran-rakyat.com

BERANI DULU, BARU TERAMPIL..

Saat saya berbicara pada kuliah kewirausahaan di Fakultas Ekonomi sebuah universitas swasta di Yogyakarta, saya sempat ditanya para mahasiswa: “Apakah seorang untuk menjadi pengusaha itu harus memiliki keterampilan dulu?”

Saya rasa, ini pertanyaan bagus. Pertanyaan yang sama pernah juga hinggap dibenak saya, yaitu saat saya baru memulai menjadi pengusaha. Saat pertanyaan ini saya balikkan pada mereka, ternyata sebagian besar mahasiswa mengatakan: “Perlu terampil dulu, baru berani memulai usaha.

Saya rasa jawaban mereka tidak bisa disalahkan. Meraka cenderung menggunakan otak rasional. Padahal menurut saya, untuk menjadi pengusaha, kita harus berani dulu memulai usaha, baru setelah itu memiliki keterampilan. Bukan sebaliknya, terampil dulu, baru berani memulai usaha.

Sebab, saya melihat di Indonesia, ini sebenarnya banyak sekali pengangguran yang tidak sedikit memiliki keterampilan tertentu. Namun, mereka tidak punya keberanian memulai usaha. Akibatnya, keterampilan yang dimiliki apakah itu diperolehnya saat sekolah atau bekerja sebelumnya, akhirnya banyak yang tidak dimanfaatkan. Itu kan sayang sekali.

Seperti yang saya alami sendiri, saat membuka restoran Padang Sari Raja. Saya katakana pada mereka, bahwa terus terang tidak bisa membuat masakan padang yang enak. Saya penikmat masakan padang. Tetapi saya tidak tahu bumbunya apa saja yang membuat masakan tersebut enak. Saya katakan pada mereka: “Saya bisanya hanya nggodog wedang atau merebus air. “Itu artinya apa? Saya bisa punya usaha restoran, karena saya punya keberanian”.

Begitu juga, saat saya dulu membuka usaha Bimbingan Belajar Primagama. Saya belum pernah mengajar atau menjadi tentor di tempat lain. Bahkan saya belum pernah menjadi karyawan di perusahaan orang lain. Namun, saya memberanikan diri untuk membuka usaha tersebut. Sebab, saya berpendapat, kalau kita tidak punya keterampilan, maka banyak orang lain yang terampil di bidangnya bisa menjadi mitra usaha kita.

Oleh karena itu bagi saya, yang terpenting adalah keberanian dulu membuka usaha. Apapun jenisnya, apapun namanya. Sebab, sesungguhnya, untuk menjadi pengusaha, keterampilan bukan segala-galanya. Tetapi keberanian memulai usaha itulah yang harus kita miliki terlebih dahulu.

Banyak contoh, orang yang sukses menjadi manajer, tapi ternyata belum tentu sukses sebagai entrepreneur. Sebaliknya, seseorang yang di awal memulai usaha tidak memiliki keterampilan majerial, tetapi ia memiliki keberanian memulai usaha, banyak yang ternyata berhasil. Orang jenis terakhir ini selain memiliki keberanian, juga mengembangkan jiwa entrepreneur. Oleh karena itulah saya kira, jiwa entrepreneur harus kita bangun atau kita bentuk sejak awal.

From http://www.purdiechandra.com

11 responses to this post.

  1. Posted by NUGRAHA on July 11, 2008 at 6:57 am

    terima kasih, saya pingin jadi pengusaha kertas daur ulang yang sukses doakan ya

    Reply

  2. Salam untuk Bapak/ Ibu/ Saudara, dan Saudari yg menjadi pengusaha Muda Indonesia. Saya merasa sangat senang skali, bila saya ikut di perkenan kan untuk melihat serta mengetahui bagai mana sebenarnya Trik dan cara2 untuk menjadi Pengusaha Muda sukses. Saya emang baru terjun pada bagian Bisnis, dan sekali terjun, Saya lebih tertarik skali di bagian Bisnis dari dari pada pekerjaan-pekerjaan Saya yg dulu. Tetapi saya masih sngat banyak buta soal Bisnis, oleh sebab itu saya sngat mengharapkan pentunjuk dari Bapak / Ibu serta Saudara, dan Saudari sekalian yg mana lebih jauh melangkah dan berbaur pada bagian Bisnis, Saya sadar kalau Saya belum ada apa apanya di Bandingkan dengan para Kakak senior sekalian. Saya sngat mengharapkan bantuan Petunjuk daripada Saudara, Saudari sekalian, agar sudi kiranya membantu Saya yg mengalami, kekurangan dalam bidang penyaluran Barang ke setiap daerah Provinsi Indonesia. Emang sich, pengalaman Aku belom seberapa, namun karna Saya emang sngat senang terjun ke Dunia Bisnis, Saya akan memberanikan Diri Saya, dan Saya sngat semangat dengan melihat para Pebisnis yg telah berhasil melewati masa-masa suram saat memulai Bisnisnya masing-masing. Dan Saya merasa terdorong utk menjadi seperti Mereka yg sudah berhasil. Saya tidak merasa gentar sedikit pun utk memulai Bisnis ini, karna Saya sudah tahu, kalau Aku sudah pernah terjun pada pekerjaan yg belom pernah Aku kerjakan, namun Mengalami ke gagalan, tapi bukan berarti Aku itu mengalami kegagalan utk selamanya, melainkan Aku sudah melangkah satu langkah ke depan, dari pada tidak melangkah sama sekali. Karna didalam Prinsip Aku hanya satu ; ( lebih baik melakukan satu kesalahan utk tujuan yg Baik, dari pada tidak berbuat sama sekali. sperti pencundang yg tidak lakukan sama sekali). Dan prinsip itulah yg selalu membuat Aku semakin semangat utk melakukan Bisnis. Dan Saya juga tau, kalau di Dunia ini tidak ada orang yg sempurna , dan setiap manusia juga pasti sering utk melakukan kesalahan dalam hidup. Saya sangat bertekad utk maju terus dalam Usaha Saya ini. Sebenarnya pekerjaan utama Saya bukan utk penyaluran Barang semata, tetapi pekerjaaan Saya sebenarnya adalah bagian ( DESIGN GRAFIS ), Namun karna Saya benar benar tertarik utk memulai bisnis dalam bagian penyaluran barang ini, jadi Saya sudah tekad utk memulainya dengan sungguh sungguh. Sekali lagi Saya sangat berharap bantuan para senior sekalian agar sudi kiranya memberikan petunjuk pada Saya. Trimakasih banyak atas partisipasinya kepada Saya. Salam Sejahtra buat Kita semua, Tuhan kiranya memberkati Kita semuanya

    Reply

  3. SAYA JUGAAAAA…!!!!

    Reply

  4. Bagi yang tertarik untuk menjadi pedagang obat herbal atau trading company untuk produk formulasi herbal. Silahkan hubungi kami, kami adalah pabrik ekstrak herbal sekaligus tukang maklone produk formulasi herbal.

    Bagi yang sudah mempunyai ijin IKOT (Industri Kecil Obat Tradisional) dapat meregistrasikan produk ke POM atas nama sendiri. Tetapi kalau tidak mempunyai IKOT, kita dapat meregistrasikan atas nama kita.

    Jadi, siapa saja yang ingin menjadi pedagang obat herbal dan mempunyai keyakinan yang kuat akan sebuah atau beberapa formulasi tanaman obat Indonesia baik untuk pasar nasional maupun export, silahkan hubungi kami.

    Hormat Kami,
    Greg Kalona
    021-8671037
    0811-820-587

    Reply

  5. bagaimana cara mendirika PT?

    Reply

  6. Posted by sodikin noer on January 23, 2010 at 4:32 am

    teman gw bingung bgt, bisnis ap ya yang harus aku jalani modal ada tapi produk apa yang harus di pasarkan

    Reply

  7. Posted by retnawati on March 24, 2010 at 9:51 am

    saya ingin sekali terjun didunia bisnis.sekarang saya mulai belajar dengan bekerja dibidang marketing.seandainya ada peluang untuk saya agar lebih bisa menekuni dunia bisnis saya bersedia.retna19@yahoo.co.id

    Reply

  8. Posted by miswar on July 1, 2010 at 1:41 pm

    saya pingin sklai jdi pengusaha/busines

    Reply

  9. Posted by mohammad willy ginanjar on July 21, 2010 at 5:54 am

    sya pengusaha baru,datang untuk belajar menjadi seorang pengusaha ayam dan beras,mohan doanya dari rekan rekan untuk kesuksesan saya dan rekan-rekan juga.

    Reply

  10. Posted by kang Syaiful on September 7, 2010 at 11:58 pm

    Sya mempunyai cita-cita ingin menjadi pengusaha muslim yg sukses, dgn adanya blog ini, sangat membantu skali, untuk sy, yg sangat haus tentang informasi yg berkaitan dgn wiraswasta. sy mnta tolong klo ada informasi2/tip2 untuk membangun usaha. tlog dikirimkan, ke email sy.semoga kita bisa membuat negara ini lebih baik.

    Reply

  11. Posted by wilma on September 17, 2010 at 1:21 pm

    assalammualaikum….

    salam kenal semuanya..saya ingin bertanya saya akan menjalankan suatu usaha yang bergerak dibidang jasa pelayanan terapi, namun saya masih bingung unutk mengelolanya secara utuh karena saya sekarang masih bekerja (waktu kerja sore sampai malam) di bidang yang sama juga.
    rencananya untuk awal saya yang pegang dulu sendiri untuk terapinya sambil melihat ramainya pasien. setelah itu baru merekrut terapis lainnya. lalu untuk administrasinya saya juga asih ingin handle sendiri dulu.

    pertanyaan saya apakah efektif untuk diawal saya menghandel semuanya sendiri?
    terima kasih untuk pencerahannya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: