Mengirim dan Menerima Transaksi Secara Online

Permasalahan lain yang dihadapi oleh seorang pengusaha muda ialah proses mengirim dan menerima uang secara online. Metode pembayaran standar dengan cara lama seperti: pembayaran dengan cek/bilyet giro , transfer lewat pos, atau secara tunai sudah tidak cocok lagi dengan kehidupan yang super cepat seperti saat ini. Apa yang terjadi apabila Anda memerlukan seorang Web Designer untuk mengerjakan suatu tugas dalam waktu 1 hari,dan berada di luar negeri? Anda tidak akan mungkin mengirimnya cek yang baru akan tiba dan baru dapat dicairkan dalam waktu 14 hari? Inilah saatnya dimana uang online memainkan peranannya dan ini juga yang akan dibahas di dalam artikel ini.

Pada saat eBay pertama kali diluncurkan pada bulan September 1995, saat itu banyak diperlukan cara-cara baru dan inovatif yang dapat membuat para pembeli dan penjual untuk dapat mengirim dan menerima pembayaran secara cepat dan mudah. Banyaknya orang yang menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembayaran yang dianggap cukup ceroboh untuk melakukan pembayaran dengan kartu kredit secara online. Sampai pada suatu waktu, lahirlah Paypal dan beberapa situs semacamnya seperti diantaranya Worldpay,e-golddan Nochex.

Ide dibalik pendirian situs semacamPaypal sangatlah simpel. Yang Anda butuhkan hanyalah membuat suatu account dan menghubungkannya dengan Bank utama Anda atau dengan account kartu kredit yang Anda miliki. Selain itu, ketika Anda ingin membeli sesuatu barang atau jasa, Anda dapat menggunakan dana yang tersedia dari account Bank Anda dan ketika Anda akan menerima pembayaran, orang lain dapat mengirimkan uang dengan menggunakan kartu kredit yang mereka miliki yang akan didebet langsung. Sayangnya, sebagai seseorang yang masih berusia muda, cara-cara seperti ini dirasa cukup menyulitkan. Untuk membuka suatu account di Paypal, Anda harus memiliki kartu kredit sebagai account dan alat verifikasi dan berusia 18 tahun atau lebih. Selain itu, Anda tetap harus didampingi oleh orang tua atau wali untuk membukakan account tersebut untuk Anda, selama Anda memberitahukan kepada mereka tentang transaksi atau pembayaran yang akan Anda terima.

Berikut ini beberapa keuntungan dari pelayanan Paypaldan sejenisnya : Anda dapat melakukan pembayaran dan menerima pembayaran dari dan ke lebih dari 103 negara di seluruh dunia, membuat Anda mudah untuk dihubungi dan keberadaan Anda dapat diketahui oleh seluruh dunia. Proses transaksi pun akan lebih cepat, terutama untuk barang-barang yang bukan berbentuk fisik (Contohnya : Ketika Anda membutuhkan suatu desain logo dalam waktu yang cepat). Selain itu pula, Anda tidak perlu menunggu untuk waktu pengiriman yang memakan waktu cukup lama. Pembeli cukup mengisikan lampiran formulir kartu kredit atau debit untuk membayar barang atau jasa Anda.

Paypalpun tentunya memiliki beberapa kekurangan, seperti : Anda tidak dapat menarik uang di account Anda sebelum uang Anda mencapai batas jumlah $50 yang diakumulasikan secara online. Jika Anda tetap ingin menarik uang yang Anda miliki, anda akan dibebankan biaya penalti. Sayangnya lagi, Paypal berhak untuk membekukan account Anda pada suatu limit yang mereka tentukan. Saya mengetahui beberapa orang yang uangnya telah diambil (dicuri) sebagai akibat dari transaksi fraud yang tidak dapat dipertanggung jawabkan oleh Paypal. Selain itu, pastikan Anda mengetahui kepada siapa Anda akan membeli atau menjual barang, sehingga Anda akan lebih berhati-hati dan waspada dalam melakukan transaksi. Yang terakhir, Paypalselalu menerapkan biaya dalam setiap transaksi ketika Anda menerima uang. Apabila Anda hanya memiliki suatu bisnis dengan skala kecil, biaya transaksinya berkisar sekitar 3.4% ditambah $0.20 yang dapat cukup merugikan Anda apabila keuntungan Anda tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

Lakukan terlebih dahulu suatu penghitungan yang cermat dan seksama, sehingga Anda tidak akan merasa dirugikan di kemudian waktu kelak. Walau bagaimana pun, secara keseluruhan, menurut saya, cukup layaklah kita untuk mendaftar dan membuka account di Paypal atau jasa-jasa sejenis lainnya yang dalam hal ini akan lebih memudahkan Anda dalam menghasilkan uang/bisnis, tanpa harus meninggalkan waktu belajar Anda yang sangat berharga dan terutama tanpa harus meninggalkan layar komputer kesayangan Anda!.

Selamat berbisnis rekan-rekan sekalian!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: